Kamis, 04 Oktober 2012

TEORI ORGANISASI UMUM

PENTINGNYA TEORI ORGANISASI UMUM

Bagaimana sebuah organisasi bisa dikatakan baik ? 
Organisasi yang baik bisa di katakan organisasi yang terorganisir, organisasi yang mempunyai visi dan misi atau tujuan yang jelas, organisasi yang mempunyai perencanaan yang matang, organisasi yang mempunyai kreatifitas dan inovatif dalam membuat perencanaan, organisasi yang bisa berkembang sesuai dengan tujuan dan visi misi yang sudah menjadi kesepakatan. Sekarang ini banyak organisasi yang gagal. Ini karena hal-hal diatas tidak terpenuhi.

Kerjasama merupakan salah satu kunci keberhasilan. Kerjasama yang baik bisa menjadi awal sebuah organisasi bisa berjalan dengan lancar dan baik, di samping itu juga perlu adanya komunikasi yang baik pula. Tanpa ada kerjasama dan komunikasi yang baik, sebuah organisasi tidak akan bisa bertahan lama, Jika hal-hal itu tidak terpenuhi maka organisasi tidak akan berjalan dengan baik.

Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut:


Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Maka menurut saya pentingnya mempelajari Teori Organisasi Umum di jurusan Sistem Informasi, agar dapat menguasai skill individu ataupun skill kerjasama kelompok untuk mencapai keberhasilan suatu individu ataupun kerjasama kelompok dalam mengorganisir suatu manajemen.

PENGERTIAN ORGANISASI UMUM
  1. Pengertian Organisasi 
    Organisasi adalah sekumpulan/sekelompok untuk saling berkerja sama dan memiliki tujuan bersama yang berefisien, lalu menyatukan diri dengan bekerja sama dan merealisasikan tujuannya.
  2. Antara Organisasi dan Manajemen
Manajemen merupakan proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Hal ini mengartikan adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama satu pihak dengan pihak lainnya.

Dari hal itu kita dapat mengambil kesimpulan bahwa betapa erat hubungan manajemen dan organisasi.
 
      * Manajemen dan Tata Kerja
     
      Tata kerja merupakan suatu cara bagaimana agar sumber sumber dan waktu yang tersedia sehingga proses manajemen dapat dilakukan dengan tepat.
Pemakaian tata kerja yang tepat ditujukan untuk :
1. Menghindari keborosan, dalam pendayagunaan sumber sumber dan waktu yang tersedia.
2.   Menghindari penghambatan dalam menyelesaikan tujuan.
3. Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.

* Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja

Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :

a) Manajemen  : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.

b) Organisasi   : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerjasama.

c) Tata kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.

Dari konsep tersebut, jelas bahwa baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya suatu tujuan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar