Rabu, 07 Mei 2014

Resensi Musik Band “ Green Day “



·        Identitas Developer / pemain, dll.

Band bergenre punk rock asal Amerika yang dibentuk pada tahun 1987 di Berkeley, California. Band ini terdiri dari : Billie Joe Armstrong, Mike Dirnt, dan Tre Cool.

                  Profil Pemain :
Billie Joe Armstrong ( lahir, 17 Februari 1972 ) adalah vokalis dan pemain gitar dari Green Day. Pada tahun 2010, Armstrong berumur 38 tahun telah menjadi anggota band Green Day selama 20 tahun. Dia adalah jenius dibalik semua lagu Green Day. Pada umur 10 tahun, Ayah Billie Joe meninggal dunia karena kecelakaan mobil ( lagu Wake Me Up When September Ends dibuat untuk mengenang ayahnya )
Mike Dirnt ( lahir, 4 Mei 1972 sebagai Michael Ryan Pritchard ) adalah bassist dan backing vokalis dari Green Day. Asal mula nama Mike Dirnt pada saat disekolah ia bermain bass sambil berpura-pura memetik senar, ia membuat kebisingan, “drint, drint, drint” begitu sekolahnya mulai memanggilnya “ Mike Dirnt “. Drint lahir dan dibesarkan di California, ia dilahirkan dengan wanita Amerika asli dan dia memberinya untuk diadopsi.
Tre Cool ( lahir, 9 Desember 1972 sebagai Frank Edwin Wright ) adalah pemain drum dari Green Day. Ia menggatikan mantan drummer band John Kiffmeyer pada tahun 1989. Dia juga bermain di Samiam, dan Green Day samping proyek jaringan dan Foxboro Hot Tubs. Frank Edwin Wright lahir di Frankfrut, Jerman. Dia tinggal di Willits, California dengan ayahnya dan kakaknya, Lori. Ayahnya seorang pilot helicopter di perang dingin, beliau memutuskan untuk pindah keluarga disana untuk melindungi mereka disaat kembali ke Amerika Serikat karena khawatir tentang keselamatan anak-anaknya.






·        SINOPSIS / INTI  CERITA

Sejarah Terbentuknya Green Day

            Pada tahun 1987, sahabat Billie Joe Armstrong dan Mike Dirnt yang berusia 15 tahun membentuk band bernama Sweet Children. Pada awal 1988, Armstrong dan Dirnt mulai bekerja dengan Sean Hughes dan mantan drummer Isocracy, John Kiffmeyer bertindak sebagai drummer sekaligus manajer. Armstrong menyebutkan band Operation Ivy ( yang beranggotakan Tim Armstrong dan Matt Freeman dari Rancid ) sebagai pengaruh besar bagi mereka dan menginspirasi mereka untuk membentuk band.

            Pada tahun 1988 Hughes meninggalkan Sweet Children adalah Larry Livermore yang melihat potensi Sweet Children ketika tampil dan memutuskannya untuk mengontrak mereka kelabelnya sekaligus merilis mini album perdana mereka 1,000 Hours. Atas saran dari Livermore, Sweet Children diubah menjadi Green Day karena dimasa yang sama terdapat band local lain bernama Sweet Baby, hal ini untuk menghindari kerincuan nama dikedepannya.
           




·       KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Dari segi kelebihan :

a.       Penguasaan Panggung
Penguasaan panggung dari video tersebut sudah sangat bagus karena mereka sudah dapat menguasai panggung dengan baik. Komposisi mereka sudah sangat pas, dimana antar personil menyebar mememuhi panggung dan tidak bersatu di suatu titik tertentu.

b.      Sound System
Dari segi sound system saya dapat mendengar suara yang jelas dan sangat bagus. Suara yang jernih dan tidak terdengar suara noise, mungkin karena systemnya sangat bagys dan persiapan yang sudah benar-benar matang.

c.       Lightning
Dari segi lightning ( penataan lampu atau pencahayaan ) yang saya lihat dari konser tersebut sudah sangat bagus di mana banyak terdapat variasi lampu dan efek-efeknya pencahayaan, dan yang menambah bagusnya lagi adalah dalam pembukaan video tersebut yang ditampilkan adalah lightning yang sangat menarik sehingga semua itu dapat membuat keseluruhan panggung dapat terlihat dengan jelas.

                  Dari Segi Kekurangan :

a.       Dari segi kekurangan yang saya lihat dari segi kualitas video Green Day tersebut agak pecah-pecah tampilannya mungkin karena size video terlalu kecil ( di convers ).





·         PENILAIAN / RATING

Menurut saya pribadi, grup band Green Day itu awalnya saya mendengar dari kakak saya mensetelkan lagu-lagu dari Green Day, lagu-lagunya lumayan enak didengar dan mudah dihapalkan karena dari temponya sedang. Dari alunan musiknya dari mulai gitar, piano, bass, drum, dan suara vocal itu sangat pas dengan judul-judul lagu yang dibawakannya. Saya suka dengan grup band tersebut karena setiap penampilannya yang sekarang ini pakaiannya cukup rapih, bahkan dari style-style nya cukup classic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar